Penyebab dan Solusi Mengatasi Smartphone Android Cepat Panas

Smartphone android Sobat cepat panas, hal ini ini kadang sering Sobat alami saat bermain game, browsing atau lainya. Gejala panas yang terjadi pada smartphone Sobat itu sebenarnya hal yang wajar, banyak yang mengira gejala panas yang terjadi itu karena merek atau kualitas smartphone yang mereka gunakan jelek *ya meskipun handphone murah cenderung seperti itu. Namun Sobat mesti tahu kecenderungan gejala panas pada smartphone lebih karena aktifitas kerja pada smartphone itu sendiri. Bahkan smartphone yang berkelas dan mahal pun banyak yang mengalaminya.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Smartphone Android Cepat Panas

Handphone cepat panas adalah kondisi yang terbilang normal, hampir semua ponsel mengalaminya baik ponsel pintar maupun ponsel biasa dengan sistem operasi yang berbeda. Adapun sumber panas yang dihasilkan berasal dari baterai yang bekerja secara terus menerus yang mengakibatkan daya pada baterai tersebut mengalami penurunan daya lebih cepat dari aktifitas normal. Biasa terjadi apabila Sobat lagi browsing, melakukan panggilan telepone, bermain game dan aktifitas lainnya.

Gejala panas pada smartphone bisa juga mengindikasikan kerusakan, terutama pada baterai seperti; Smartphone cepat panas dan daya baterai berkurang secara drastis. Namun jika smartphone sobat hanya panas terutama pada baterai itu berarti baterai mengalami penurunan daya yang terjadi cukup cepat. hal semacam ini bisa berdampak buruk bagi baterai smartphone Sobat.

Baca Juga: 5 Aplikasi Smartphone Android Keren Untuk Menjahili Teman


Panas pada smartphone tidak hanya karena baterai saja tapi bisa disebabkan oleh perangkat internal pada smartphone android seperti ram, cpu dan perangkat hardware lainya yang bekerja dengan keras yang disebabkan karena aktifitas yang terus menerus terjadi. Untuk mengetahui solusi yang dapat Sobat lakukan dalam mengatasi hal ini bisa melihat pembahasannya di bawah ini.

Beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi Smartphone Android Cepat Panas:

1. Mengganti Baterai

Jika baterai sering mengalami daya yang berkurang secara drastis , atau sering mati mendadak. bisa jadi baterai mengalami kerusakan. Mengganti baterai adalah solusi yang tepat jika Sobat tidak ingin aktifitas dalam menggunakan smartphone terganggu.

2. Jangan digunakan Selagi di Charge
Sering kita dapat karena sesuatu hal walaupun ponsel sedang di charge tetap di gunakan. Hal semacam ini sangat berpotensi mengakibatkan ponsel cepat panas. Tidak hanya itu menggunakan smartphone pada saat sedang di charge dapat meningkatkan kerja baterai dan merusak baterai, sebagai contoh baterai dapat menggembung dan lebih parahnya bahkan bisa meledak.

3. Matikan Aplikasi dan Koneksi yang tidak diperlukan
Matikan aplkasi jika sedang tidak digunakan bisa melalui tool Task Manager maupun dengan aplikasi pihak ke-tiga, Selain itu koneksi yang sementara tidak digunakan dapat dimatikan dulu, seperti bluetooth, GPS, Wifi dan lainnya.

Menggunakan aplikasi penghemat baterai juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat digunakan seperti juiceDefender pada OS Android. Intinya gunakan aplikasi seperlunya saja agar membuat kinerja baterai smartphone Sobat dapat bekerja lebih efesien.

4. Cek Aplikasi yang Terinstal
Dengan mengecek aplikasi yang terinstal kita dapat memonitor aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Biasanya tanpa kita sadari ada aplikasi yang bekerja terus menerus walau-pun tanpa digunakan, hal ini bisa membuat smartphone Sobat menjadi panas. Untuk memantau kerja dari aplikasi pada smartphone dapat melalui task manager bawaan android atau bisa juga menggunakan aplikasi Watchdog yang membantu Sobat dalam memonitor hal tersebut.

5. Mengistirahatkan Smartphone
Cara yang satu ini bisa dibilang merupakan cara yang paling unik, kita tahu istirahat biasanya hanya diperlukan oleh mahkluk hidup saja namun perangkat seperti smartphone perlu juga yang namanya istirahat. cara ini sangat efektif dalam meredam panas yang berlebih pada smartphone. istirahat yang dimaksud adalah mematikan ponsel untuk beberapa waktu sampai ponsel Sobat benar-benar dingin.

Baca Juga: Cara Mudah Download Video di Youtube Dengan Android Tanpa Software

Apabila Sobat telah melakukan berbagai cara seperti cara diatas dalam mengatasi smartphone yang cepat panas belum mendapat hasil. Ada baiknya segera bawa smartphone Sobat ke service center untuk mengetahui diagnosa yang lebih detail dari permasalahan yang terjadi pada smartphone Sobat.

Demikian Penyebab dan Solusi yang Umum Terjadi pada Smartphone Android yang Cepat Panas yang bisa saya sampaikan. semoga dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran yang baik buat Sobat maupun saya sendiri.

loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
SEPATU ID
admin
January 14, 2016 at 9:06 PM ×

Tips Yang sangat Bagus dan Terimakasih atas Tips Nya den ,sangat membantu ni ,Terimakasih banyak.

Oh ya den Bagaimana Ya solusi android tidak bisa download di playstore " Ane lg ngalami Itu dan ane coba share belum dapet solusinya TERIMAKASIH "

Di tunggu balesannya " Ditunggu Balesannya DI SINi

Congrats bro SEPATU ID you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment