Cara Submit Blog/Website Ke Google Webmaster Tool

Google Master Tool merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google untuk membantu kerja web developer dan webmaster agar blog/website yang dimiliki mudah dikenali dan ditemukan oleh Search Engine Google.

Dalam hal ini Google Webmaster Tool bekerja dengan cara menelusuri setiap bagian pada blog/website yang kita miliki sehingga Google dengan mudah mengindeksnya. Untuk mendaftarkan blog/website yang kita miliki ke Google Webmaster Tool kita harus memiliki akun Email dari Google.

Berikut langkah-langkah mendaftarkan blog/website ke Google Webmaster Tools:


  • Langkah Pertama yaitu dengan masuk ke halaman Google Webmaster Tool, Selanjutnya klik "Sign In to Webmaster Tools". lalu login menggunakan akun Gmail Sobat.


  • Selanjutnya submit alamat blog/website Sobat, lalu klik "ADD Site"
  • Lalu masuk pada tab "Metode Verifikasi", pilih "Tag HTML". Selanjutnya copy kode verifikasi Google yang disediakan.
 

  • Masuk ke Dashboard blog Sobat pilih Template >> Edit HTML cari kode < h e a d > dengan cara tekan F3 atau CTRL+F agar lebih mudah menemukannya, lalu letakkan kode verifikasi tepat di bawah kode < h e a d >, kemudian Simpan Template.

Setelah meletakkan kode verifikasi ke dalam Template, masuk lagi ke halaman Google Master Tool lalu klik "Verify". Pastikan kode verifikasi sudah diletakkan, jika belum proses verifikasi tidak dapat dilakukan.

Sampai pada proses ini Sobat sudah selesai mengintegrasikan Google Webmaster Tool dengan Blog/ website Sobat. Agar robot Google dapat menelusuri blog Sobat secara maksimal, Sobat harus mengsubmit peta situs blog/website yang sudah di integrasikan tadi.

Cara Meng-Submit Peta Situs Blog/Website ke Google Webmaster Tool

Setelah mengintegrasikan blog dengan Google Webmaster Tool, selanjutnya mengsubmit peta situs blog tersebut. Dengan mengsubmit peta situ atau Site Map pada Google Webmaster Tool dapat memudahkan mesin pencari dengan cepat mengenali artikel terbaru yang Sobat posting.  Adapun cara mengsubmit peta situs blog sebagai berikut:
  • Setelah masuk di Google Webmaster Tool, pilih Blog / website yang ingin peta situsnya disubmit, selanjutnya pilih menu "Perayapan" lalu pilih "Peta Situs".
  • Lalu masukan Site Map blog Sobat. pada umumnya lokasi Site Map pada Blogspot yaitu "sitemap.xml".
 

  • Selajutnya klik ADD/Test Sitemap lalu pilih "Submit".
Sekian Cara Submit Blog/Website Ke Google Webmaster Tool semoga dapat membatu Sobat dalam meningkatkan lalu lintas organik Blog yang Sobat miliki dari Search Engine Google.
Baca Juga: 4 Search Engine Terbaik Untuk Lalu Lintas Blog Sobat

loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
December 26, 2015 at 7:17 PM ×

Terima kasih gan artikelnya... berguna sekali bagi saya yang pemula.

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment