Cara Menggunakan Disk Cleanup dan Fungsinya

Microsoft Windows memiliki fitur yang dapat kita gunakan dalam membersihkan disk dari file sampah dengan mudah. Disk Cleanup adalah utilitas perangkat lunak bawaan Microsoft yang pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows 98 dan termasuk dalam semua versi Windows hingga kini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menghapus file yang tidak lagi dibutuhkan atau file yang sudah menjadi sampah. Tentunya dengan cara yang mudah dan aman dihapus.

Seperti yang dapat Sobat lihat Pada gambar di bawah, Disk Cleanup dapat menghapus berbagai file sampah seperti: Temporary Internet Files (yang terkait dengan Internet Explorer), file download yang sudah usang, mengosongkan Recycle Bin, dan menghapus Temporary Files. Dan Versi baru dari Disk Cleanup (Pada Windows versi terbaru) memungkinkan Sobat untuk menghapus Halaman Web secara Offline, File Sementara, WebClient/Penerbit Temporary Files, file Compress yang sudah lama, dan file Katalog untuk Konten Index.

Cara Menggunakan Disk Cleanup dan Fungsinya

Bagaimana cara menggunakan Disk Cleanup dari Windows.

Aplikasi Disk Cleanup dapat dibuka dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  •     Klik Start
  •     Program >> Accessories >> System Tools
  •     Dalam System Tools pilih dan klik Disk Cleanup

atau

  •     Klik Start >> Run
  •     Pada kolom Run, ketik "cleanmgr"

atau

  •     Buka My Computer
  •     Klik kanan drive yang ingin digunakan untuk menjalankan Disk Cleanup (misalnya drive C)
  •     Lalu Klik Propertis >> Klik tombol Disk Cleanup.


Cara Menggunakan Disk Cleanup

Apa yang harus dilakukan pada kotak Disk Cleanup.

Setelah kotak dialog Disk Cleanup terbuka centang masing-masing kotak yang ingin Sobat bersihkan. Setiap pilihan yang dipilih pastikan setiap item yang dicentang mengambil banyak ruang di hard drive Sobat.

Perlu diingat: Sangat disarankan agar Sobat JANGAN mencentang pilihan untuk file compress lama (jika ada). Seringkali opsi ini dapat menyebabkan masalah baru.

Baca Juga: Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Komputer

Setelah pilihan file telah dicentang, Lalu selanjutnya klik Ok untuk memulai proses pembersihan >> lalu Klik Delete Files. Tunggu sampai proses pembersihan disk selesai.

Mudahkan cara menggunakan Disk Cleanup bawaan dari windows. Itu salah satu cara memanfaatkan tools yang disediakan oleh windows dalam merawat disk driver pada PC atau Laptop Sobat. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.
loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment