9 Cara Jitu Untuk Mengakses Website yang Diblokir

Ada banyak alasan pemerintah memblokir akses ke situs-situs tertentu. Diantaranya berkaitan dengan konten dewasa, pelanggaran hak cipta, atau situs yang ber-konten kekerasan dan banyak lagi. Tak terkecuali situs favorite Sobat yang tidak semestinya menjadi target pemblokiran tersebut.

Jika Sobat mendapati situasi seperti ini, dan mencari sebuah solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi pemblokiran ini, jangan khawatir, kami memiliki 9 cara yang bisa Sobat coba.

Dengan beberapa metode ini Sobat dapat mencoba salah satunya, karena setiap jenis blok memerlukan berbagai macam teknik untuk menembusnya. Dengan mencoba satu persatu trik ini Sobat dapat menemukan metode yang bisa bekerja dengan baik. Dan jika Sobat memiliki metode lain dan ingin berbagi dengan sesama pembaca, bisa meninggalkan komentar dibawah postingan ini.

Baca Juga: Cara Membuka Situs/Website Yang di Blokir Internet Positif

1. Mengakses Via IP Jika dengan alama URL tidak bisa

Beberapa software memblokir halaman website dengan nama atau URL saja. Sebagai contoh: Pemblokiran yang diterapkan pada www.facebook.com namun tidak pada IP dari website tersebut.

Sobat bisa mendapatkan IP dari Terminal di OS X atau Command Prompt jika Sobat menggunakan Windows. Masukkan perintah ini dan tekan Enter.

ping alamatwebsite.com

Salin IP yang ditampilkan ke address bar browser Sobat dan buka situs seperti biasa.

2. Gunakan Sebuah Situs Proxy

Ada banyak web proxy gratis yang menyediakan servicse untuk browsing web secara anonim. Sobat dapat menggunakannya untuk mengakses situs yang diblokir dengan mudah.

Bagaimana ini bisa bekerja? Ketika Sobat menelusuri situs web menggunakan situs proxy, Sobat tidak benar-benar terhubung ke situs web itu. Tetapi Sobat akan diarahkan ke server proxy, sedangkan proxy server akan terhubung ke situs tujuan yang benar. Apa yang Sobat lihat adalah versi cache dari situs yang server proxy memberikan kepada Sobat.

Sobat dapat mencoba Proxysite atau Proxery, tetapi jika Sobat ingin lebih banyak pilihan, periksa Newproxysite.

3. Gunakan Layanan VPN

Sebuah Virtual Private Network atau VPN adalah server jauh yang memberikan Sobat akses pribadi melalui jaringan publik. VPN membuat tampak seolah-olah Sobat browsing dari negara di mana server berada, dengan demikian Sobat dapatmenyembunyikan identitas sesungguhnya pada saat browsing.

Ada banyak penyedia layanan VPN yang dapat Sobat gunakan, beberapa menawarkan layanan gratis. Hola adalah layanan VPN gratis favorit saya. Hal ini memungkinkan Sobat untuk menelusuri secara pribadi dan tanpa sensor, dan memiliki ekstensi browser untuk pengguna Chrome dan Firefox.

4. Gunakan TOR Browser


Tor adalah browser yang memungkinkan Sobat untuk melihat secara anonim, mencegah aktivitas browsing Sobat atau lokasi Sobat dapat dilacak, menjaga privasi. Berkat relawan dari seluruh dunia yang menciptakan jaringan ini didistribusikan secara relay, Sobat bisa browsing di bawah perlindungan Tor.

Cara menggunakannya, pertama-tama Sobat harus men-download Browser Tor, menginstalnya seperti aplikasi biasa. Membuka aplikasi, kemudian klik Connect untuk memulai koneksi Sobat dengan jaringan Tor.

5. Menggunakan DNS Publik dari ISP


Beberapa Internet Service Provider (ISP) menggunakan DNS mereka sendiri untuk memblokir akses ke beberapa situs web. Untuk membuka blok Sobat dapat memotong pembatasan dari ISP menggunakan Google Public DNS.

Di bawah konfigurasi DNS jaringan Sobat, mengubah DNS Sobat ke alamat IP DNS Public Google berikut sebagai server DNS primer atau sekunder.

IPv4

8.8.8.8
8.8.4.4

IPv6


2001:4860:4860::8888
2001:4860:4860::8844

6. Menggunakan Google Translate

Google Translate memungkinkan Sobat untuk menerjemahkan isi website dari satu bahasa ke bahasa lain. Tapi Sobat mungkin tidak tahu bahwa jika Sobat memasukkan URL dari situs yang diblokir ke Google Translate, kemudian klik URL link di sisi kanan, situs yang diblokir akan dapat diakses dalam bahasa yang diterjemahkan.Klik View: Untuk kembali ke versi aslinya sebelum diterjemahkan.

7. Setting Browser Sobat ke Proxy manual

Untuk mengatur proxy browser Sobat secara manual, Sobat harus terlebih dahulu mendapatkan proxy publik. Sobat bisa menemukannya di Hidemyass. Ada banyak tercatat di sana, dari berbagai negara di seluruh dunia, bersama dengan kecepatan, jenis dan tingkat anonimnya. Cukup ambil satu alamat IP dan port.

Untuk Firefox:

Masuk ke menu Options >> Advanced dan pilih Network. Di samping Connection klik Settings, kemudian pilih Konfigurasi Proxy Manual.

Di sini, Sobat memasukkan Proxy HTTP diperoleh dari Hidemyass, diikuti oleh nomor Port, dan klik OK.

Untuk Chrome:

Jika Sobat ingin mengatur proxy untuk Chrome saja, Sobat dapat menggunakan Proxy Helper.

8. Edit Host File Bypass Website IP Address untuk OS X

Sobat dapat menggunakan layanan ini dari PenTest Tools untuk mendapatkan alamat IP untuk domain situs yang diblokir dan subdomain. Hanya dengan memasukkan nama domain dan akan memproses "Sertakan rincian subdomain" dan klik START, kemudian tunggu beberapa saat sementara sampai proses selesai.

Ketika hal itu dilakukan, salin alamat IP dan domain / subdomain.

Jika Sobat menggunakan Mac, pada Terminal, perintahnya seperti berikut

sudo nano /private/etc/hosts

Gulir ke bawah ke file Host lalu buka dan paste alamat IP di sana. Tekan CTRL + X kemudian Y untuk menyimpan file.

9. Gunakan SSH Tunnels

Pertama, Sobat harus memiliki akun SSH. Buka Terminal (jika Sobat menggunakan Windows Sobat dapat menggunakan Putty) dan jalankan perintah berikut untuk login:

Perintah akan menjalankan server SOCKS pada port 12345. Sobat akan diminta untuk username dan password. Setelah berhasil login, minimize terminal, jangan diclose.

Berikutnya, buka browser Firefox Sobat dan pergi ke Options >> Advanced >> Network >> Settings. Pilih Konfigurasi Proxy manual, masukkan 127.0.0.1 pada SOCKS Host dan masukkan nomor Port yang Sobat pilih saat membuat SSH tunnels. Klik OK untuk menyimpan pengaturan baru Sobat.

Setelah itu, buka tab kosong dan ketik "about: config", kemudian mengatur dengan benar perintah berikut:

network.proxy.socks_remote_dns

Sekian dar dari 9 Cara Untuk Mengakses Website yang Diblokir. semoga salah satu trik diatas dapat berjalan dengan baik, sehingga Sobat dapat browsing dengan nyaman tanpa ada gangguan dari pemblokiran lagi.
loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment