Bagaimana Cara Menyikapi Komentar Negatif di Blog: Ada Lima Solusi Untuk Sobat

Bagaimana Cara Menyikapi Komentar Negatif di Blog - Rasa cemas ini yang dimiliki oleh beberapa blogger, terutama ketika mereka baru memulai ngeblog, dan berpikir apa yang harus dilakukan jika mereka menerima komentar negatif.

Bahkan, beberapa blogger menunda untuk memulai aktifitas ngeblog sama sekali (atau dengan memulai bloging namun komentar dinonaktifkan) karena mereka begitu cemas tentang hal ini.

Jangan sampai karena rasa cemas ini, kita kehilangan interaksi dan komunikasi dengan pengunjung blog kita hanya karena kemungkinan mendapatkan beberapa komentar yang buruk.

Sangat penting untuk diingat bahwa disini Sobat-lah yang memegang kendali, bahwa jika seseorang meninggalkan komentar buruk, marah, atau tidak baik, Sobat memiliki berbagai cara untuk menghadapinya.


*1 Cukup Abaikan Komentar Mereka


Ini bukan respon yang besar, tapi ini menjadi salah satu jurus ampuh untuk menyikapi komentar negatif di blog Sobat, dengan cara mengabaikan komentar negatif tersebut. Memungkinkan mereka menunggu tanggapan kita, tapi kita tidak menanggapi mereka. Sobat bisa melihat hal ini terjadi pada blog besar di mana blogger sangat sibuk dan cenderung tidak membalas komentar sama sekali.

Kelemahan pada solusi ini adalah bahwa hal itu dapat mengundang orang lain berkomentar dan pengunjung hanya datang untuk membaca komentar. Hal ini dapat berpotensi spam pada kolom komentar Sobat, dan juga dapat membuat blog Sobat terlihat sedikit terabaikan.

*2 Hapus Komentar Mereka

Cara paling mudah untuk mengatasi komentar negatif adalah dengan menghapusnya. Meskipun beberapa orang mungkin mengatakan, ini sama halnya membungkam kebebasan berbicara dan berpendapat.

Menghapus komentar seperti ini merupakan respon yang baik untuk mentroll - orang yang hanya berkomentar untuk mendapatkan reaksi - atau untuk orang-orang yang berkomentar dengan tujuan spam.

*3 Hapus Komentar Mereka dan Kirim Email Ke Komenter Yang Dihapus

Dari Solusi ke-*2, mungkin saja menjadi solusi yang paling tepat dalam bertindak, namun jika Sobat merasa bahwa komentar itu tidak bermaksud buruk, tapi hanya menuangkan unek-unek di kolom komentar Sobat atau mungkin salah paham pada sesuatu yang Sobat tulis. Solusi ini menjadi mungkin paling tepat.

Saya akan waspada terlibat dalam percakapan lewat email yang panjang dengan kommenter yang berniat buruk, tapi dengan percakapan yang pendek, kita secara profesional menjelaskan secara singkat mengapa Anda dihapus. Dengan penjelasan singkat mungkin cukup untuk mencegah mereka menulis sesuatu yang serupa diwaktu yang akan datang.

*4 Menanggapi Komentar Mereka

Kadang-kadang, Sobat memutuskan untuk membiarkan komentar negatif berada di blog Sobat - dalam hal ini merupakan ide yang baik untuk menanggapi komentar mereka.

Jika Sobat melakukan ini, itu jelas ide yang baik namun dengan suasana hati yang baik: tidak merespon dengan komentar yang marah. Yaitu dengan menulis balasan secara profesional dan ramah, pembaca Sobat yang lain akan merespon dengan sikap kesabaran Sobat. Sobat bahkan akan menemukan komenter yang buruk tadi merespon untuk meminta maaf atau meminta Sobat untuk menghapus komentarnya.

*5 Beralih Menonaktifkan Komentar Secara keseluruhan

Saya sebutkan di awal posting bahwa beberapa blogger menonaktifkan komentar di awal-awal memulai blogging. Jika Sobat sudah berkomentar dan mendapatkan sejumlah besar komentar negatif, maka Sobat dapat memutuskan untuk menonaktifkan komentar untuk sementara waktu.

Secara pribadi, saya akan melihat ini sebagai pilihan terakhir, dan hanya menggunakannya jika metode lain telah gagal. Jika Sobat tidak ingin melakukan hingga sejauh ini, Sobat dapat melakukan moderasi yang lebih ketat, sehingga Sobat dapat memoderasi komentar sebelum komentar mereka diterbitkan.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Blog Dengan FansPage Facebook Terbaru

Pada dasarnya itu merupakan blog Sobat sendiri, dan orang-orang yang berkomentar di dalamnya adalah tamu. Sobat memiliki hak untuk menghapus komentar mereka, jadi jangan takut untuk melakukannya.

Semoga saat kita menanggapi hal-hal seperti itu, Kita dapat menyikapinya dengan bijak dan menanggapinya dengan ramah.
loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment