Mengenal Mata Uang Virtual Bitcoin

Apa yang dimaksud dengan Uang Elektronik? Uang elektronik merupakan alat pembayaran elektronik yang banyak jenisnya, seperti  paypal, perfect money, payza, money bokers, dll. Namun ada satu alat pembayaran yang cukup unik karena dibuat oleh sistem kriptografi internet yang terkoneksi, yaitu adalah Bitcoin.

Bitcoin merupakan implementasi yang pertama dari konsep mata uang kripto atau "crypto-currency", dimana pengontrolan, penerbitan uang dan transaksinya semua diatur oleh Kriptografi. Kriptografi adalah ilmu tentang berbagai macam teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan atau kerahasiaan dari informasi.
Mengenal Mata Uang Virtual Bitcoin

Dalam menjamin proses pencatatan berjalan dan transaksi sudah sesuai aturan dan aman maka dibutuhkanlah teknik kriptografi ini. teknik ini juga dipakai sebagai alat untuk mengatur supply dan demand dari nilai mata uang bitcoin ini. Dapat disimpulkan seluruh proses keuangan yang mengatur adalah algoritma matematis yang berjalan dengan teknik kriptografi secara otomatis, sehingga pusat pengawasan dan pengontrolan untuk mata uang ini tidak dibutuhkan lagi.
Tanpa dibutuhkannya pusat pengontrolan, maka bitcoin disebut mata uang terdesentralisasi, yang artinya tidak ada satupun orang, lembaga, atau negara tertentu yang dapat mengontrol mata uang ini. Hal ini memang sejak awal penciptanya mendesain sistem ini untuk menghindari monopoli bank dan pengaruh politik .

Selain sifatnya yang ter-desentralisasi, tanpa perantara merupakan keunggulan dari transaksi mata uang ini, sehingga penerima dan pengirim dapat melakukan transaksi secara langsung tanpa keterlibatan pihak ketiga dimana pun kedua pihak itu berada, dan yang terpenting keduanya harus terkoneksi melalui internet.

Karena sifat transaksi bitcoin ini tanpa perantara dan terdesentralisasi, maka pemilik dari mata uang ini tidak harus memiliki akun seperti halnya akun di bank, dan tidak harus pula terdaftar pada website, server ataupun instansi tertentu, sehingga sifat kerahasiaan dari pemilik uang dan transaksi mata uang ini sangat terjamin.

Informasi kepemilikan uang dalam bentuk kode tertentu dapat Sobat simpan dalam berbagai media, baik itu berupa file di komputer lokal, flashdisk, handphone ataupun dalam media penyimpanan lainnya. Informasi kepemilikan ini disebut sebagai wallet (dompet).

Setiap orang dapat memiliki wallet atau dompet yang jumlahnya tak terbatas tanpa dikenai biaya pembuatan, koneksi Internet ataupun proses registrasi. Wallet ini sendiri memiliki kode yang ter-enkripsi untuk mendapatkan data historis transaksi dari jaringan Internet, dengan kode ini, pemilik akun dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak uang yang tersimpan di dalam wallet yang dimilikinya.

Setiap wallet atau dompet memiliki nama atau alamat yang disebut dengan bitcoin-address. dengan menggunakan bitcoin-address ini seseorang dapat melakukan transaksi seperti layaknya mengirim atau menerima sms/email. Alamat ini merupakan kumpulan deretan huruf alfa numerik yang memiliki panjang 34 karakter, contohnya : 1GEG919gziqyHHux94jY4etrk7ADyw7mCQ

Nilai tukar Bitcoin terhadap US$ pada saat artikel ini dibuat yaitu 85 US$ per 1 BTC, pada saat awal dikembangkan kira-kira tahun 2010, bitcoin memiliki nilai tukar yang terbilang sangat kecil, dimana ketika itu seseorang pernah bertransaksi dengan mengeluarkan hingga 10000 BTC untuk seporsi Martabak, dimana nilai itu pada saat ini adalah sekitar 54000 US$ atau setara dengan 490 juta Rupiah.

source: http://www.edisukarman.com/2014/01/menghasilkan-uang-dari-bitcoin.html
loading...
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini, atau dengan memasukkan Email Sobat dikolom subcribe dibawah. untuk berlangganan artikel gratis via email. Dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yusufkarim.web.id
Previous
Next Post »

=>Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas
=>Berkomentarlah dengan Bijak dan Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment